Senin, 20 April 2020

MANFAAT MEMBACA KATA BIJAK




Mungkin banyak dari kita yang senang membaca kata-kata bijak, kata mutiara, ungkapan, peribahasa atau kata-kata motivasi. Dan kata-kata itu bisa juga kita dengar dari seorang Motivator, pemuka agama, tokoh atau seseorang yang kita idolakan.


Menurut Being Better Humans, kutipan inspirasi/ kata bijak memicu sesuatu dalam diri kita ketika kita membacanya. Bahkan dapat meningkatkan denyut nadi dan membuat pemikiran jadi lebih kreatif. Di mana kata-kata kutipan tersebut bisa membuat dorongan seseorang untuk melewati hidupnya. 


Mungkin sebagian besar dari kita belum memahami betul manfaat dari kebiasaan/ kesukaan kita membaca/ mendengar kata bijak/ kutipan inspirasi. Apalagi jika kata yang dirangkai tersebut disusun dengan indah dan bisa memberikan kita energi baru untuk bangkit saat kita sedang terpuruk.


#8 Manfaat membaca kata-kata bijak


1. Meningkatkan Motivasi dan membangun semangat

Sebagian besar kutipan inspirasi/ kata bijak adalah membangun semangat dan memotivasi kita untuk bertindak atau berbuat sesuatu. Terlebih saat kita sedang dalam situasi merasa sedih, mengalami kegagalan, terpuruk atau patah hati. Saat kita membaca ungkapan/ kutipan inspirasi yang menyejukan hati kita dan mencerahkan pikiran, kita akan merasa terdorong untuk bangkit dari situasi saat itu. Oleh karenanya dalam banyak kasus, kata-kata bijak/ motivasi sering digunakan untuk penyemangat oleh para leader bagi bawahannya.

“Mereka yang tidak dapat memotivasi diri sendiri harus puas menjadi yang biasa-biasa saja, tidak peduli seberapa mengesankan bakat mereka yang lain.” – Andrew Carnegie


2. Mengenang masa lalu

Setiap orang pasti memiliki masa lalu, entah dalam kehidupan keluarga yang bahagia atau sebaliknya. Dalam kisah asmara yang putus dan tidak berlanjut atau mengalami kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Pernahkan kita membaca sebuah ungkapan/ kata bijak yang membuat kita mengenang kembali masa-masa itu.

“Masa lalu mungkin pahit dan menyedihkan. Anda dapat lari darinya, atau memilih mempelajari sesuatu darinya.” – Rafiki, The Lion King


3. Berpikir positif dan optimis 

Kata-kata inspirasi/ kata bijak umumnya mengajarkan kepada kita untuk berpikir positif, membangun rasa optimis untuk menghadapi setiap persoalan kehidupan yang kita alami. Dan jika kita membacanya dengan sungguh, kita akan merasakan energi dorongan untuk kita melihat situasi yang kita hadapi dengan pikiran positif. Lalu kita akan merasa memiliki semangat bahwa kita bisa mengatasi masalah tersebut dengan optimis. 


4. Meningkatan kepercayaan diri

Jika kita terbiasa membaca kata-kata inspirasi, menjadikan kita terlatih berpikir positif, kita juga menjadi lebih optimis dalam menghadapi setiap situasi. Tentunya itu akan meningkatkan rasa percaya diri kita. 

“Salah satu kunci penting kesuksesan adalah percaya diri. Kunci penting untuk percaya diri adalah persiapan.” – Arthur Ashe


5. Berpikir dan bertindak bijak

Selain empat manfaat yang sudah disebutkan diatas, sadar atau tidak kebiasaan membaca kata-kata bijak akan membuat kita berusaha untuk berpikir bijak. Dan itu akan mempengaruhi cara kita bertindak. Berbagai pertimbangan akan kita buat sebelum kita membuat suatu keputusan, kita akan berpikir baik buruknya akan tindakan kita nanti. Itulah cara bertindak yang bijak, dipikir sebelum bertindak.


6. Menjadi lebih sabar

Banyak kata bijak yang memberikan gambaran bahwa hidup itu adalah proses. Kesuksesan juga sebuah proses perjalanan untuk menuju pencapaian tujuan. Setiap proses membutuhkan waktu, dan perjalanan waktu membutuhkan kesabaran. Kesabaran itulah yang harus terus dilatih. 

“Hal terpenting yang perlu Anda miliki adalah kesabaran.” – Jack Ma


7. Bersikap dewasa dan lebih tenang dalam berbagai situasi

"Kita tidak bisa mengatur situasi seperti yang kita kehendaki, tapi kita bisa mengerahkan segenap potensi kita untuk mencari solusi" (Anonim)

Salah satu kata bijak yang mengajarkan kita untuk bersikap tenang, bijak dan bersikap dewasa saat kita menghadapi situasi tertentu. Bukankah kata-kata tersebut cukup menenangkan ?

8. Membuat kita tersenyum

Kita juga mungkin pernah membaca kata bijak/ ungkapan yang membuat kita tersenyum waktu membacanya. Karena tulisannya disusun dengan kata-kata lucu yang membuat kita tersenyum tanpa sadar. Bisa juga kata-katanya mengingatkan kejadian dimasa lalu yang membuat kita tersenyum karena kejadian yang konyol. 

“Bila Anda jelek, jangan takut mencintai. Karena yang seharusnya takut adalah orang yang Anda cintai.”(Cak Lontong) 


Klik tombol berbagi untuk membagikan artikel atau koleksi #quotes di Blog ini, tersedia tombol untuk berbagi di whatsapp. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar